Sinergi Jasa Kurir Ekspedisi dan Toko Online

 

Bermunculannya toko-toko online yang tumbuh di seluruh Indonesia membuat jasa kurir ekspedisi menjadi salah satu komplementer (pelengkap) untuk menunjang bisnis online. Mengapa bisa demikian? Sebab, cepat atau lambatnya suatu barang tiba di konsumen menjadi taruhan sendiri bagi toko online.


Misalnya, toko online yang menjual buku. Konsumen memesan dan membayar ongkos kirim, lalu toko online mengirimkan barang dengan perkiraan sampai 2-4 hari ke alamat tujuan. Ternyata, paket buku sampai satu minggu. Pemilik toko online perlu menyampaikan maaf dan menjelaskan mengapa barang tidak datang tepat waktu.


Jadi, walaupun Anda membayar ongkos kirim (ongkir) yang sifatnya urgent (segera atau khusus), paket pesanan belum tentu bisa sampai dengan segera. Bisa saja, ada kendala-kendala teknis yang sifatnya tidak terduga.


Berdasarkan pengalaman toko buku 24 jam yang menjual buku secara online. Pernah barang tidak sampai tepat waktu dan terlambat hanya gara-gara petugas kurirnya sedang sakit dan tidak bisa digantikan oleh petugas lain, karena jalur jalannya tidak diketahui atau ketika terpotong hari libur.


Enaknya lagi, sudah banyak kurir-kurir ekspedisi yang menyediakan layanan tracking, cek pengiriman via online dengan memasukkan nomor resi pengiriman, bahkan cukup dengan sms. Jadi, konsumen dengan mudah bisa melihat posisi terakhir suatu paket berada di mana. Sudah sampaikah (delivered) atau sedang dikirim (process) dan real time.


Memilih Kurir Ekspedisi


Memang, semua kurir ekspedisi (pengiriman) memakai embel-embel ekspres. Walaupun hasilnya belum tentu ekspress. Sekarang pun travel-travel perjalanan sudah mulai membuka layanan pengiriman barang.


Idealnya, kurir ekspedisi barang mampu menopang dan mendukung toko online dan kalau perlu terintegrasi ke dalam sistem database. Jadi, konsumen bisa melihat dengan mudah, misalnya berat barang 1 kg, berapa rupiah untuk tujuan ke mana.


Ingat, setiap ekspedisi memiliki kelebihan dan kekurangan. Kalau Anda berniat membuka toko online Anda harus pintar-pintar memilih ekspedisi supaya bisa meraih untung. Kalau Anda berniat membuka bisnis di jalur ekspedisi, pintar-pintarlah memilih ekspedisi yang terpercaya, online, ontime, dan siap menerima layanan keluhan dari konsumen.


Beberapa Nama Ekspedisi di Indonesia

Pos IndonesiaDHLESLPandusiwiElangAnugerah Jasa KargoWahanaJNETIKISentani EkspressELTEHAChitoesLEGACito ExpressALP EkspedisiApacheKobraGuna DarmaPandawaLintas PersadaALSNCSSurya BumiCika EkspressDAPDakotaPantesABF Indonesia ExpressABMLogistik IndonesiaAMXAntar Nusa TransportindoAskara Courier ServiceBangun Putra Selaras TransSentra NiagaBaruna PermataBerkah UtamaBMS ExpressCahaya ExpressCargo Balikpapan ExpressCargo ServiceCitra Indah Partner Express (CIPEX)Citranusa KurirCLS kargo Beri rating untuk artikel di atas Buruk sekali Kurang Biasa Bagus Bagus sekali



View the original article here

 
© 2009 Anne Ahira Artikel | Powered by Blogger | Built on the Blogger Template Valid X/HTML (Just Home Page) | Design: Choen | PageNav: Abu Farhan