Agen Model: Agency

Banyak hal yang bisa ditempuh untuk menjadi model. Misalnya, mengikuti pemilihan-pemilihan model yang diselenggarakan oleh banyak enterprise atau memberikan portofolio kepada perusahaan pencari dan penyalur model. Selain itu, seorang yang bercita-cita menjadi model bisa masuk dan bergabung dengan sebuah agen model tertentu.

Agen Model

Agen model membuat keinginan seseorang untuk menjadi model lebih dekat atau lebih mudah terealisasi. Jika kita tidak tergabung dengan agen model dan dengan percaya diri mengirimkan portofolio kepada perusahaan-perusahaan iklan, kemungkinannya sangat kecil untuk bisa dilirik. Para perusahaan tentu akan mencari seseorang yang memang dianggap memiliki kemampuan.

Mereka memiliki pandangan bahwa model dari agen model memiliki kemampuan yang bisa memudahkan proses produksi iklan atau promosi produk. Model yang berasal dari sebuah agen model akan dibekali berbagai kemampuan. Kemampuan yang dilatihkan tidak hanya kemampuan dalam satu segi. Para calon model yang tergabung dalam agen model akan dibekali kemampuan berakting, berjalan dan berpose di atas catwalk, berpose di depan kamera. Bahkan, menjawab pertanyaan wartawan.

Sementara itu, calon model yang proses pengiriman portofolionya tidak diwakili atau tidak mengatasnamakan agen model tersebut akan dianggap tidak menguasai kemampuan-kemampuan tersebut. Sebenarnya, bisa saja para calon model tersebut mendapatkan pendidikan atau pelatihan dunia modeling dari agen model. Namun, mereka memutuskan untuk tidak tergabung secara manajemen atau promosi.

Pendaftaran Agen Model

Jika tergabung dengan agen model, pertama-tama kita mesti membayar biaya administrasi pendaftaran keanggotaan. Biaya pendaftaran bervariasi, bergantung pada agen model tersebut. Jika agen model tersebut sudah sangat terkenal, biaya pendaftaran bisa agak mahal. Biaya pendaftaran mulai Rp100.000,00 hingga Rp300.000,00.

Dalam melakukan pendaftaran, kita mesti memberikan dua buah foto berwarna. Pertama, foto close up, yakni yang memprioritaskan wajah. Kedua adalah foto seluruh badan. Selain itu, mesti disertai informasi mengenai data diri yang meliputi nama, tempat dan tanggal lahir, tinggi dan berat badan, serta ukuran baju dan celana juga sepatu.

Foto diminta tidak hanya untuk dipajang dan sebagai data anggota agen model. Foto menjadi media promosi yang dilakukan oleh agen model kepada perusahaan-perusahaan pengguna jasa model.

Biaya Pendidikan

Setelah biaya pendaftaran dipenuhi, kita pun mesti membayar biaya pendidikan yang biasanya dilakukan selama tiga bulan dengan pertemuan dua kali dalam satu minggu. Adapun biaya pelatihan ini biasanya berkisar antara Rp500.000,00 hingga Rp2.000.000,00 per bulannya.

Dalam pelatihan, untuk latihan berjalan atau catwalk, para calon model diharuskan membawa dan memakai sepatu berhak tinggi untuk perempuan dan sepatu pantovel untuk laki-laki. Hal tersebut dilakukan untuk membiasakan mereka jika nantinya mesti melakukan peragaan busana di atas panggung catwalk.

Para calon model pun disarankan untuk belajar merias wajah sendiri. Ada pula agen model yang memberikan materi tata rias wajah agar para modelnya kelak bisa merias wajah sendiri tanpa harus bergantung kepada penata rias.

Fee Management

Para calon model yang tergabung dalam agen model dan dipromosikan serta dicarikan peluang kontrak oleh agen model harus menandatangani surat kesepakatan antara agen model dan calon model mengenai administrasi manajemen atau fee management. Fee management ini biasanya berkisar antara 20–30 persen untuk tiap kontrak kerja sama perusahaan dengan model.

Model yang sudah dikontrak tetap mesti mengikuti aturan yang disepakati, baik oleh perusahaan dengan agen maupun kesepakatan antara model dengan agen. Setiap model yang dikontrak oleh sebuah perusahaan tetap menjadi anggota atau member dari agen model hingga masa kontrak antara model dan agen model selesai.

Anda yang ingin menjadi model dan tidak hanya menjadi model instan sebaiknya bergabung dengan agen model agar bisa menjadi model profesional. Agen model membantu Anda mewujudkan keinginan atau cita-cita menjadi seorang model terkenal dan handal.


View the original article here

 
© 2009 Anne Ahira Artikel | Powered by Blogger | Built on the Blogger Template Valid X/HTML (Just Home Page) | Design: Choen | PageNav: Abu Farhan