Agen Distributor Buku: Dari Offline Menuju Online

Anda mungkin akan kebingungan untuk merintis bisnis. Bingung bagaimana memulainya dan bingung dari mana mendapatkan modalnya. Zaman sekarang bisnis pun tampaknya terbagi lagi dalam beberapa lingkar cakupan bisnis cepat, sedang, dan lambat menguntungkan.Misalnya bisnis agen distributor.

Tetapi pada umumnya, bisnis dibagi dalam offline dan online. Kata para guru marketing, “kalau Anda tidak bisa menjual dalam hitungan 3 detik, pembeli akan lari.” Bayangkan, kalau Anda mendengar kalimat ini, secepat itukah menjual, menurut Tung Desem Waringin (TSD), Anda memang harus menjual dalam hitungan detik.

Pertanyaannya? Anda mau bisnis apa? Apakah Anda ingin menjalankannya sendiri? Apakah Anda hanya ingin sebagai agen penyalur (agen distributor) dari sebuah bisnis yang Anda geluti? Atau hanya ingin jadi investor tanpa terlibat langsung. Ingat, bisnis yang laku, bukan bisnis tanpa risiko gagal.

Bisnis Buku

Anda boleh memilih ingin bisnis Anda bergerak di bidang apa? Kalau misalnya Anda memilih dan bertekad menggeluti bisnis buku. Perlu diketahui dari hasil review, kurun tahun 2010, dunia buku memasuki ancaman yang serius. Mengingat anjloknya omset sejumlah penerbit sampai ke titik nadir.

Pengakuan ini didapat dari hasil pameran IKAPI Agustus 2010. Gencarnya informasi digital melalui situs-situs online merangsek toko-toko buku tradisional (offline). Banyak orang yang meninggalkan dunia buku dan beralih menjadi pembaca aktif artikel online.

Ciri artikel online adalah pendek, singkat, ringkas, mudah dicerna, dan tidak membutuhkan perenungan yang mendalam. Hal inilah yang membuat orang “adiktif” kecanduan untuk mengetahui berita-berita terkini.

Kalau toko buku saja sudah mengalami guncangan, apalagi agen distributor dan penerbit buku sebagai penyalur (supplier) dan penyedia buku-buku. Lalu, demikian parahkah ancaman bisnis online terhadap bisnis offline. Haruskah semua bisnis offline dijadikan online.

1001 Persoalan Penerbit, Toko Buku, dan Pembaca

Retur akibat buku tidak lakuTema bukuHarga bukuPersediaan bukuDistribusi buku Mahalnya ongkos kirimMinim promosiHarga kertas tinggi 

Tantangan menjadi distributor buku adalah mendapatkan kepercayaan dari penerbit untuk mendistribusikan buku-buku ke agen-agen penyalur yang lebih kecil. Kalau Anda mau menjadi distributor online khusus menjual buku-buku, sebenarnya menarik juga.

Misalnya, Anda membuat situs toko online dengan nama domain yang berhubungan dengan distributor buku. Lampirkan alamat kontak Anda supaya mudah dihubungi. Tetapi, kalau Anda "gaptek" dan tidak tahu bagaimana cara kerja bisnis online silakan klik www.anneahira.com.

Terakhir, apakah agen distributor buku masih dapat bertahan? Jawabannya: masih. Sebab, masih banyak yang mencari buku dan berminat membaca buku.


View the original article here

 
© 2009 Anne Ahira Artikel | Powered by Blogger | Built on the Blogger Template Valid X/HTML (Just Home Page) | Design: Choen | PageNav: Abu Farhan