Mengenal Jasa Pembuat Web

 

Kebutuhan informasi yang sangat cepat menuntut setiap institusi untuk dapat bersaing guna mendapat kepercayaan dari publik. Oleh karena itu, pengelolaan informasi menjadi suatu kewajiban yang tidak dapat dilewatkan. Biasanya, ketika masyarakat ingin mendapatkan informasi, web adalah salah satu tempat yang sering dikunjungi.


Berangkat dari kondisi inilah, jasa pembuatan web mulai semarak. Selain dapat mengurangi beban kerja suatu instani, pengelolaan web dengan menggunakan jasa orang lain dapat pula membantu menaikan citra instansi tersebut.


Jasa pembuat web bianya memiliki kriteria khusus. Ada yang menyediakan jasa pembuatannya saja, kemudaian pengelolaan diserahkan kepada klien, ada pula yang menyediakan jasa pembuatan sekaligus pengelolaannya.


Untuk menarik minat dan kepercayaan konsumen, pengelola jasa pembuat web biasanya terdiri atas beberapa tim yang ahli dalam bidanya masing-masing. Ada yang bergerak sebagai advertising, web desain, reporter, penulis lepas, maupun ahli komunikasi visual. Komposisi inilah yang kemudian memiliki nilai jual tinggi di dalam persaingan bisnis komunikasi.


Di Bandung misalnya, ada jasa pembuat web BATIC yang sudah lebih dari tujuh tahun berkiprah. Awalnya mereka adalah institusi yang membuka pelatihan kepada masyarakat yang berminat dan tertarik untuk belajar jurnalistik. Namun karena perkembangan teknologi, mereka pun mengepakan sayap usahanya ke dalam jasa pembua web.


Begitu pula dengan Dinamika Komunika, sebuah konsultan komunikasi yang ada di Bandung ini mulai melirik usaha jasa pembuat web. Awalnya mereka hanya bergerak di bidang jurnalistik membantu instansi-instansi yang ingin memiliki media sendiri (inhouse magazine).


Agar peminat jasa ini tidak salah pilih, maka kita perlu tahu siapa pengelola jasa pembuat web tersebut. Bagaimana latar belakang mereka, apa yang kelebihan yang mereka tawarkan, sudah berapa lama mereka bergerak dalam bisnis itu, dan yang lebih penting siapa saja yang sudah menjadi klien mereka.


Bisnis Komunikasi


Jasa pembuat web merupakan salah satu bentuk dari bisnis komuniksi. Selain itu, ada beberapa bisnis komunikasi seperti periklanan, public relation, konsultan SDM, konsultan CSR (Coorporate Social Responsibility), public speaking, atau bisnis motivasi. Sekarang, bisnis ini biasanya dikelola dalam satu wadah yang besar.


Kegiatan bisnis komuniksi mulai marak menjelang akhir abad 20, baik itu di Eropa maupun di Amerika. Seiring dengan paradigma bahwa informasi adalah harta yang sangat penting, usaha mereka pun semakin lama semakin berkembang. Ada beberapa agen bisnis komuniksi yang sekarang jangkauannya hampir di seluruh dunia, misalnya; Publicis Groupe, BDDP & Fils, Butterfly, JCDecaux, Moonda, Lotus Bleu, CLM, Young & Rubicam France (TBWA) Euro RSCG, atau JWT.


Mereka memiliki ratusan kantor cabang yang tersebar di beberapa negara termasuk di Indonesia. Klien mereka pun bukan instansi sembarangan, ada yang memiliki klien perusahaan multinasional, organisasi internasional, juga kampus-kampus internasional.


Nah, jika Anda memiliki dana yang cukup banyak untuk membuat web, mereka bisa memberikan bantuan seperti yang Anda inginkan. Bagainmana dengan hasilnya? Sebagian besar dari iklan yang tampil di televisi Indonesia pernah menjadi klien perusahaan-perusahaan komunikasi tersebut.


View the original article here

 
© 2009 Anne Ahira Artikel | Powered by Blogger | Built on the Blogger Template Valid X/HTML (Just Home Page) | Design: Choen | PageNav: Abu Farhan