Membuat dan Mempelajari Teropong Bintang Murah

logo anne ahiraAsian Brain Support$("#boxes").load("#dialog");Permisi, numpang lewat sebentar...! :-)Saya ingin mengucapkan TERIMA KASIH Anda telah mengunjungi situs saya!Jika Anda saya undang menjadi bagian dari "Asian Brain Community" mau enggak? Mau dong! :-)Karena Anda akan mendapatkan segudang manfaat! Salah satunya, Anda akan mendapatkan tips menarik setiap minggu - Gratis! Mulai dari tips bisnis, motivasi, cerita lucu, dan masih banyak lagi!Silakan masukkan data Anda di bawah! Saya yakin Anda akan senang menjadi bagian dari Asian Brain Community. Sampai ketemu di Forum! Buruk sekali Kurang Biasa Bagus Bagus sekali

Mungkin bagi sebagian orang bermimpi mempunyai teropong bintang murah adalah khayalan yang mustahil bisa menjadi kenyataan. Namun, jangan pesimis dulu karena hakikat hukum Tuhan tak ada yang tak mungkin jika Ia sudah berkehendak.

Seperti halnya membuat sebuah teropong bintang murah yang memiliki fungsi dan peran sebagaimana aslinya yang seringkali digunakan oleh kalangan astronom atau ilmuwan-ilmuwan profesional.

Teropong bintang murah memang sulit ditemukan di pasaran. Oleh sebab itu, untuk mengakalinya dengan cara membuat sendiri walaupun dengan peralatan yang sederhana karena yang terpenting adalah fungsi untuk melihat bintang di angkasa sana beserta benda-benda langit yang lainnya.

Dengan memiliki sebuah teropong bintang maka manusia dimungkinkan untuk bisa melihat berbagai fenomena yang ada di luar angkasa sana dari bumi yang jaraknya sangat jauh. Terlebih ketika musim kemarau datang akan banyak sekali rasi bintang yang terbentuk.


Membuat Teropong Murah

Teropong bintang yang seringkali digunakan oleh kalangan ilmuan memiliki derajat pembesaran objek sampai 850 kali. Hal tersebut memang dimungkinkan karena fokusnya sampai 3 meter.

Disamping itu, teropong bintang yang digunakannya memungkinkan untuk melakukan penjelajahan sampai 150.000 objek yang dilakukan secara otomatis dengan dikendalikan oleh sebuah program dari bumi. Lebih dari itu, teropong tersebut juga dilengkapi oleh teknologi canggih GPS yang bisa memantau dan mengikuti objek yang dicari.

Teropong versi murahnya walau hanya refraktor bisa dibuat dengan cukup sederhana dan ramah terhadap isi saku Anda. Dengan hanya menyiapkan bahan-bahan yang sangat terjangkau Anda sudah dimungkinkan untuk bisa membuat sebuah refraktor yang memiliki kemampuan sama untuk melihat benda-benda langit diatas sana. Diantaranya adalah sebagai berikut:

Lensa cembung yang memiliki fokus 25-60 cm.Lensa objektif dengan m sebesar 10 kaliParalon pipa 4 inchiLensa okuler dengan m sebesar 5 kaliTripod atau yang lebih familiar dikenal dengan penyanggaFinder yang binokuler kecil.


Kerjanya pun cukup bagus karena sudah dilakukan pengujian dengan mengarahkan teropong hasil buatan tersebut ke bulan dimana disana kelihatan beberapa kawah bulan yang bisa dilihat secara cukup jelas. Terlebih jika digunakan kamera digital eyepicenya maka dijamin gambar yang ditangkap akan bisa dengan jelas dilihat.


Untuk Anak

Konsep teropong bintang murah ini sebenanya sudah dikembangkan oleh kumpulan insinyur dan ilmuwan di AS khususnya untuk anak-anak. Optik yang digunakan dalam teropong tersebut sangat sederhana namun tak mengurangi fungsinya sebagaimana yang dibuat dengan optik yang lengkap sebagaimana untuk kalangan profesioanl.

Dengan teropong bintang tersebut anak-anak diharapkan akan semakin terpacu minatnya untuk menjadi astronom-astronom hebat kelas dunia sedari kecil.

Harganya pun relatif sangat murah. Hanya dipatok Rp 120.000-an. Makanya, jangan sampai ketinggalan kesempatan untuk mendapatkan teropong bintang murah segera.

Beri rating untuk artikel di atas Buruk sekali Kurang Biasa Bagus Bagus sekali


View the original article here

 
© 2009 Anne Ahira Artikel | Powered by Blogger | Built on the Blogger Template Valid X/HTML (Just Home Page) | Design: Choen | PageNav: Abu Farhan