Musim Panas yang Cerah

logo anne ahiraAsian Brain Support$("#boxes").load("#dialog");Permisi, numpang lewat sebentar...! :-)Saya ingin mengucapkan TERIMA KASIH Anda telah mengunjungi situs saya!Jika Anda saya undang menjadi bagian dari "Asian Brain Community" mau enggak? Mau dong! :-)Karena Anda akan mendapatkan segudang manfaat! Salah satunya, Anda akan mendapatkan tips menarik setiap minggu - Gratis! Mulai dari tips bisnis, motivasi, cerita lucu, dan masih banyak lagi!Silakan masukkan data Anda di bawah! Saya yakin Anda akan senang menjadi bagian dari Asian Brain Community. Sampai ketemu di Forum! Buruk sekali Kurang Biasa Bagus Bagus sekali

Musim panas merupakan pergantian musim dingin yang terjadi di belahan bumi yang memiliki suhu udara sedang. Berbeda dengan kita yang berada di wilayah dengan suhu udara tropis, yang mengalami dua musim, kemarau dan hujan. Pembagian musim panas di wilayah berhawa sedang memiliki rentang waktu yang berbeda-beda, tergantung di belahan bumi mana mereka tinggal.

Untuk yang menetap di belahan bumi bagian utara, rentang waktu musim panasnya terjadi antara tanggal 21 Juni – 23 September. Untuk yang menetap di belahan bumi bagian selatan, rentang waktu musim panasnya terjadi antara tanggal 21 Desember – 21 Maret. Rentang waktu tersebut tidak mengalami perubahan, kecuali bila suhu udara bumi sedang mengalami cuaca ekstrem.

Ada yang menarik seputar penetapan waktu musim panas ini, sebelum rentang waktu yang ditetapkan sekarang berlaku. Dahulu orang masih bingung menentukan rentang waktu terjadinya musim panas. Hingga Amerika Serikat membuat sebuah sistem pembagian waktu yang disebut dengan Daylight Saving Time (DST). Sistem ini bekerja dengan cara menyimpan cahaya di siang hari pada saat musim panas.

Penyimpanan cahaya siang hari tersebut membuat perubahan masa waktu pada saat musim panas, sehingga waktu dalam sehari dimajukan satu jam lebih awal dari zona waktu resmi yang telah ditetapkan. Sistem ini khusus diberlakukan pada saat musim panas. Penyimpanan cahaya siang hari tersebut juga bertujuan untuk mengatur waktu ketika hari masih terang dengan jam kerja dan jam sekolah.

Di negara Eropa sistem Daylight Saving Time (DST) tersebut dinamakan dengan Waktu Musim Panas (WMP). Sistem WMP ini pertama kali diusulkan oleh William Willet. Namun sayang, pemerintah Britania tidak mendukung usulan Willet ini meski Willet telah melakukan upaya lobi, sehingga sistem WMP tidak bisa digunakan saat itu.

Kemudian sistem ini dipraktikkan di Jerman, tepatnya pada saat terjadinya Perang Dunia I. Pada saat itu, waktu musim panas ditetapkan antara tanggal 30 April – 1 Oktober 1916. Melihat penerapan di Jerman berhasil, lalu pemerintah Britania juga akhirnya menggunakan sistem WMP.

WMP untuk pertama kalinya di terapkan di Britania pada 21 Mei – 1 Oktober 1916. Pada awalnya masyarakat setempat bisa mengikuti aturan WMP tersebut, namun lama-kelamaan, sistem WMP ini dianggap merepotkan karena mereka harus bangun dan tidur lebih awal daripada waktu biasanya. Akhirnya sistem WMP ini dimentahkan kembali.

Musim panas yang cerah membawa pengaruh yang baik bagi dunia pertanian, khususnya sektor tanaman dan buah-buahan. Pada saat musim panas inilah buah-buahan dan tumbuh-tumbuhan memasuki masa pertumbuhan yang paling optimal.

Banyak kita perhatikan berbagai bunga bermekaran bila musim panas. Musim panas biasanya terjadi tepat pada saat liburan sekolah, sehingga banyak digunakan untuk berlibur dengan berjemur di pantai.

Di Asia sendiri, Jepang masih termasuk wilayah yang berhawa sedang, sehingga Jepang mengalami musim panas. Bagi masyarakat Jepang, musim panas memiliki arti tersendiri. Di musim panas inilah diadakan berbagai festival yang menarik, yang tercipta berdasarkan cerita nenek moyang, keagamaan dan legenda setempat. Di antaranya adalah sebagai berikut:

Tanabata ini merupakan sebuah kisah percintaan. Kisah cinta antara Hikoboshi dan Orihime. Hikoboshi ini adalah seorang penggembala sapi, sedangkan Orihime adalah seorang puteri yang pantai menenun. Mereka saling jatuh cinta, sampai menelantarkan pekerjaan mereka.

Melihat hal itu Raja Langit menjadi murka dan menghukum mereka dengan cara memisahkan keduanya melalui sungai Amanogawa. Lalu Raja Langit mengizinkan mereka bertemu pada malam ke tujuh bulan ke tujuh dalam setahun dengan melewati jembatan ajaib. Mereka akan bertemu bila tidak terjadi hujan. Bila terjadi hujan dan air sungai meluap, mereka tidak boleh bertemu dan harus menunggu malam ke tujuh bulan ke tujuh di tahun berikutnya.

Tanzaku ini merupakan permohonan. Tradisi ini sudah dilakukan sejak dahulu, yaitu tradisi menulis tanzaku. Permohonan dan impian ditulis di selembar kertas dan potongan kayu. Setelah selesai ditulis, kertas digantungkan pada batangan bambu.

Lalu permohonan-permohonan yang menggantung di batangan bambu dihanyutkan di sungai atau bisa juga dibakar, dengan harapan segala hal yang buruk akan pergi. Terkabul tidaknya harapan mereka tersebut berdasarkan turun tidaknya hujan. Bila turun hujan pada saat itu, maka harapan mereka tidak akan terkabul.  

Adanya batu di saluran kemih dapat disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya musim panas. Musim panas memicu seseorang lebih cepat terkena batu di saluran kemih. Batu saluran kemih terberntuk karena konsentrasi urine yang pekat sehingga menyebabkan terjadinya pengendapan kristal. Pada umumnya, penyakit ini lebih banyak dialami kaum pria, terutama di musim panas. 

Musim panas membuat seseorang akan menghasilkan keringat dalam jumlah banyak. Selain itu, ketika musim panas, seseorang juga akan terkena matahari lebih banyak. Sinar matahari yang mengandung vitamin D akan membantu meningkatkan penyerapan kalsium sehingga dapat memicu terjadinya batu. 

Terjadinya batu kemih di musim panas, khususnya di daerah khatulistiwa, lebih tinggi karena masyarakatnya lebih banyak menghsilkan keringat serta penyerpan kalsium yang tinggi. Batu yang terbentuk dalam saluran kemih biasanya diakibatkan oleh kalsium, infeksi, dan asam urat. 

Beberapa waktu yang lalu, peristiwa langka terjadi di Australia, yaitu salju tiba-tiba turun di saat benua tersebut sedang mengalami musim panas. Posisi matahari saat itu berada di selatan garis khatulistiwa dan seharusnya Benua Australia masih mengalami musim panas. 

Musim panas di Australia sudah dipengaruhi oleh perubahan cuaca ekstrem karena turunnya salju dan hujan lebat. Di pantai timur Negara Bagian New South Wales dan Victoria, salju turun dengan lebat sehingga banyak resor wisata yang tertimbun salju setebal 10cm. 

Banyak warga Australia yang bingung dan tidak percaya melihat salju turun pada musim panas. Mereka mengatakan perubahan cuaca ini datang sangat tiba-tiba. Hujan salju di bulan Desember saat musim panas merupakan persitiwa alam yang tidak biasa. 

White Christmas atau Natal yang putih hanya dikenal di Eropa dan negara di Kutub Utara, namun tidak di selatan seperti di Australia. Di Eropa memang turun salju pada bulan Desember, termasuk pada hari Natal. Tapi, hal aneh jika hujan salju turun di Australia di musim panas. Ini adalah sebuah pergeseran cuaca yang ekstrem. 

Olimpiade musim panas digelar oleh Komite Olimpiade Internasional setiap empat tahun sekali. Olimpiade ini merupakan perhelatan olahraga akbar di dunia karena mempertandingkan cabang olahraga paling banyak dibanding dengan perhelatan lain. Pada umumnya, negara-negara merdeka saja yang boleh berpartisipasi dalam Oiimpiade musim panas kecuali Taiwan. Walaupun termasuk even olahraga yang paling beraneka ragam, Olimpiade musim panas bukanlah yang terpopuler di dunia. Kepopulerannya masih di bawah even Piala Dunia sepak bola. 

Beri rating untuk artikel di atas Buruk sekali Kurang Biasa Bagus Bagus sekali


View the original article here

 
© 2009 Anne Ahira Artikel | Powered by Blogger | Built on the Blogger Template Valid X/HTML (Just Home Page) | Design: Choen | PageNav: Abu Farhan