Menelaah teori Big Bang dalam Al Quran

Banyak ahli atau ilmuwan yang menyatakan kebenaran dari adanya teori Big Bang tentang pembentukan dan asal mula dari alam semesta ini.  Namun terlepas dari adanya kontroversi seputar kebenaran dari teori Big Bang, di dalam kitab suci agama Islam juga telah dibahas mengenai hal ini.  Teori Big Bang dalam Al Quran telah dijelaskan di beberapa surat didalamnya yang mengisahkan tentang terpisahnya antara langit dan bumi yang dulunya menjadi satu.

Teori Big Bang dalam Al Quran tersebut dapat dilihat alam surat Al-Anbiya’ ayat 30.  Dalam surat tersebut menjelaskan tentang pembuktian dari teori Big Bang dalam Al Quran yaitu terjadinya pemisahan alam semesta.  Banyak surat lainnya yang juga mengukuhkan kebenaran tentang teori Big bang dalam Al Quran ini.


Dasar Teori Big Bang

Teori Big Bang ini merupakan sebuah peristiwa yang terjadi dalam pembentukan asal mula terbentuknya alam semesta.  Big Bang adalah sebuah istilah yang dipakai untuk sebuah ledakan besar sebagai awal dari terbentuknya alam semesta seperti sekarang ini. 

Hanya saja, banyak teori lainnya tentang pembentukkan alam semesta.  Banyak juga pendapat lainnya yang menyatakan bahwa teori Big Bang ini bukanlah berarti sebuah ledakan besar melainkan proses dari perkembangan pembentukan alam semesta.

Teori Big Bang dalam Al quran ini telah menjelaskan bahwa alam semesta ini terjadi setelah pemisahan antara langit dan bumi yang pada awalnya adalah menjadi satu/padu.  Teori Big Bang dalam Al Quran ini sekaligus mematahkan pendapat orang yang tidak percaya pada kebesaran Tuhan, bahwa ada kekuatan dan penciptaan-Nya terhadap alam semesta ini.


Pembenaran Teori Big Bang dalam Al Quran

Teori Big Bang dalam Al Quran pula yang menjelaskan secara detil di beberapa ayat dan surat dalam kandungan Al Quran tentang pembentukan alam semesta, termasuk bumi dan langit di dalamnya. 

Banyak ilmuwan dan Fisikawan dari berbagai belahan dunia yang kemudian mengkaji terjadinya alam semesta ini dengan berpedoman pada teori Big Bang dalam Al quran ini.  Hasil dari pembahasan teori Big Bang dalam Al quran membuktikan bahwa adanya peran dari yang menciptakan alam semesta dan seisinya. 

Tidaklah mungkin terjadi sebuah ledakan yang hebat yang menyebabkan adanya sebuah wujud alam semesta dengan segala keteraturan dan keseimbangan seperti gugusan planet maupun tata surya jika tidak ada yang menciptakan dan mengaturnya.  Teori Big Bang dalam Al quran ini sekaligus membuktikan keberadaan dan kebesaran Tuhan, Sang pencipta.


View the original article here

 
© 2009 Anne Ahira Artikel | Powered by Blogger | Built on the Blogger Template Valid X/HTML (Just Home Page) | Design: Choen | PageNav: Abu Farhan