Proses Terjadinya Ledakan Supernova dan Akibatnya

Ledakan supernova adalah suatu ledakan yang terjadi pada bintang dan menimbulkan energi atau tenaga yang sangat besar. Kejadian ini merupakan suatu tanda dari berakhirnya kehidupan bintang tersebut. Bintang yang mengalami ledakan ini akan terlihat lebih cermelang dan kekuatan sinarnya bisa menjadi beratus ratus juta kali lipat dari sebelumnya.

Hal ini terus berlangsung dalam jangka waktu mingguan maupun bulan. Kemudian sinar bintang dari ledakan supernova ini akan melepas energi yang kekuatannya sama dengan energi dari matahari. Lalu setelah ledakan terjadi material bintang akan runtuh dan memunculkan suatu gelombang kejut sehingga medium antar bintang menjadi musnah semua.

Proses Terjadinya Ledakan Supernova

Berikut ini urutan atau tahapan dari terjadinya ledakan supernova :

1. Pembengkakan

Sebelum mengalami ledakan supernova, sebuah bintang akan mengalami pembesaran atau pembengkakan. Hal ini mengakibatkan warna bintang menjadi merah. Sementara ukuran di bagian dalam atau intinya justru mengalami penyusutan. Karena penyusutan inilah bintang menjadi lebih panas dan padat.

2. Inti besi

Proses ledakan supernova selanjutnya adalah ketika seluruh bagian dari inti bintang sudah hilang, maka di dalamnya hanya terdapat unsur besi saja. Dari sinilah dalam waktu yang singkat kehidupan sebuah bintang akan memasuki tahap kehancuran. Hal ini terjadi karena adanya struktur besi yang membuat atom di dalam bintang tidak mampu untuk melaksanakan reaksi fusi agar dapat menjadi elemen berat.

3. Peledakan

Tahapan dari proses ledakan supernova selanjutnya adalah terjadinya ledakan itu sendiri. Pada proses inilah suhu di dalam inti bintang akan terus bertambah suhu panasnya hingga menjadi seratus milyar derajat. Lalu energi yang muncul dari inti akan pindah dan menyelimuti seluruh bagian dari bintang.

Kejadian selanjutnya adalah ledakan yang sangat dasyat dan besar yang disebut dengan ledakan supernova, sehingga mampu menyebabkan terjadinya gelombang kejut. Dan ketika gelombang kejut ini mengenai material bintang pada bagian kulit luar, material yang ada juga akan ikut menjadi panas. Selanjutnya material ini akan berubah menjadi elemen yang baru serta isotop radioaktif.

4. Pelontaran

Ini adalah proses dari tahapan ledakan supernova yang terakhir. Setelah terjadi gelombang kejut, maka bintang yang meledak akan memunculkan sejumlah material. Kemudian material ini akan terlontar menuju ruang angkasa dan saling bertebaran di sana. 

Terjadinya Dampak Ledakan Supernova

Ledakan supernova ini karena begitu luar biasa dahsyatnya, maka akan menimbulkan beberapa dampak atau efek antara lain :

1. Menimbulkan munculnya logam

Pada bagian inti bintang setelah terjadi ledakan supernova akan terdapat suatu reaksi nuklir. Dari sini kemudian muncul unsur lain yang kadar beratnya lebih besar dari helium dan hidrogen. Dan sewaktu ledakan terjadi, semua unsur ini terlontar keluar dari bintang dan menjadikan awan di sekitar bintang menjadi penuh dengan unsur unsur yang berat.

2. Terdapat kehidupan dalam alam semesta

Setelah unsur yang berat atau logam tadi terlontar ke urang angkasa ketika terjadi ledakan supernova, maka unsur ini lalu pindah dan masuk pada bagian lain yang letaknya sangat jauh dari bintang yang meledak. Unsur ini kemudian berkumpul dan bergabung lagi serta membentuk sebuah bintang atau menjadi planet baru dalam alam semesta raya ini.


View the original article here

 
© 2009 Anne Ahira Artikel | Powered by Blogger | Built on the Blogger Template Valid X/HTML (Just Home Page) | Design: Choen | PageNav: Abu Farhan