Litosfer dan Atmosfer Bumi

Bumi merupakan planet yang dekat dengan matahari. Panas matahari pada permukaannya mencapai mencapai 6.0000C. Sinar matahari dapat sampai ke bumi dalam hitungan 8 menit saja. Sinar yang panas itu dapat menyebabkan kerusakan di muka bumi. Litosfer dan atmosfer bumi berfungsi untuk menangkal kerusakan bumi akibat sinar panas matahari.

Atmosfer merupakan lapisan udara yang ada pada bagian atas bumi. Sementara itu, pada bagian bawahnya, bumi memiliki lapisan luar yang disebut kerak bumi atau litosfer. Litosfer berbentuk padat dan berfungsi menahan panas dari dalam dalam perut bumi yang mencapai 3.0000C.

Bagian-Bagian Bumi

Barrel J., dalam The Strengrh of the Earth’s Crust, mengungkapkan bahwa litosfer adalah lapisan terkuat dari lapisan terluar bumi. Terdapat keanehan gravitasi di astenosfer atau mantel bumi yang terletak di bawah litosfer. Teori ini akhirnya dibuktikan dengan stabilnya lapisan permukaan bumi karena mengerasnya bagian litosfer.

Dilihat dari susunan kimianya, bumi dibagi menjadi 4 bagian besar, yaitu bagian padat atau litosfer, bagian cair atau hidrosfer, bagian udara atau atmosfer, dan bagian organisme atau biosfer.

1. Litosfer

Dibentuk oleh batuan yang terdiri dari campuran antara berbagai mineral yang saling terikat secara padat. Induk batuan utamanya adalah magma yang banyak terdapat di bawah kerak bumi. Magma akan mengalami perubahan sampai menjadi batuan beku, batuan sedimen, dan metamorf. Dari batuan tersebut, dapat terbentuk tanah yang berperan penting dalam kehidupan tumbuhan.

2. Hidrosfer

Sekitar 71 persen dari permukaan bumi adalah wilayah perairan. Lapisan yang berupa air ini disebut hidrosfer. Di antara bagian-bagian hidrosfer adalah samudera, laut, sungai, danau, gletser, salju, air tanah, serta uap air yang ada pada atmosfer.

3. Atmosfer

Atmosfer merupakan lapisan udara yang menyelimuti bumi dengan ketebalan 650km. Udara dalam atmosfer bergerak akibat adanya pengaruh pemanasan matahari dan perputaran bumi. Perputaran bumi dapat menimbulkan beda tekanan udara sehingga menghasilkan arus angin.

Pada atmosfer, terkandung sejumlah gas. Nitrogen sebanyak 78,08%; oksigen sebanyak 20,95%; karbon dioksida sebanyak  0,03%; dan sisanya gas lain, seperti argon, neon, helium, krypton, hydrogen, xenon, ozon, metan, dan uap air.

4. Biosfer

Biosfer adalah gabungan ekosistem yang ada di muka bumi. Pada lapisan ini, terjadi interaksi antara semua makhluk hidup dengan lingkungannya sebagai satu kesatuan yang utuh.

Manfaat Litosfer dan Atmosfer Bumi

Litosfer dan atmosfer bumi memiliki beberapa manfaat, di antaranya sebagai berikut.

Litosfer bagian atas adalah tempat hidup manusia, hewan, dan tumbuhan. Sementara di bagian bawahnya, terdapat mineral, minyak bumi, dan gas, yang dapat dimanfaatkan bagi keberlangsungan hidup seluruh makhluk hidup.Atmosfer dapat mengurangi radiasi matahari yang sampai pada permukaan bumi pada siang dan malam hari.Atmosfer menyediakan oksigen dan karbon dioksida bagi makhluk hidup yang tinggal di bumi.Atmosfer bisa menahan jatuhnya meteor ke bumi dan mendistribusikan air ke berbagai wilayah permukaan bumi.

View the original article here

 
© 2009 Anne Ahira Artikel | Powered by Blogger | Built on the Blogger Template Valid X/HTML (Just Home Page) | Design: Choen | PageNav: Abu Farhan