Mengenal Nama-Nama Komet

Salah satu nama komet yang mungkin sering Anda dengar adalah komet Halley. Namun sebenarnya ada banyak sekali nama komet yang sudah terlihat sepanjang sejarah dan memiliki ciri masing-masing.

Komet adalah salah satu benda langit yang sering diartikan sebagai bintang jatuh. Namun sebenarnya komet bukanlah bintang, ia adalah benda langit yang mengitari matahari dan memiliki orbitnya sendiri seperti planet.

Hal unik dari benda langit ini adalah ketika komet mendekati matahari, ia akan membentuk suatu atmosfer di sekelilingnya. Ketika komet melaju dengan sangat cepat, atmosfer ini bahkan bisa membentuk sebuah ekor sehingga komet terlihat sangat indah.

Komet Non-Periodik

Dari sekian banyak nama komet, ada beberapa jenis komet yang hanya ditemukan sekali, diperkirakan karena mereka memiliki orbit yang sangat panjang dan lama untuk melewati satu putaran. Komet inilah yang disebut komet non-periodik.

Berikut ini adalah beberapa nama komet non-periodik yang patut untuk Anda ketahui.

Ditemukan pada 8 November 1956. Nama komet ini sendiri berasal dari nama penemunya, yaitu Sylvain Arend dan Georges Roland.

Komet ini pertama kali dilihat pada bulan Juli 1911. Penemunya adalah astronom bernama William Robert Brooks, yang nama belakangnya kemudian menjadi nama komet ini.

Nama komet ini juga berasal dari nama penemunya, yaitu Kaoru Ikeya dan Tsutomu Seki. Ditemukan pada tanggal 8 September 1965 di negara Jepang. Komet ini memiliki ekor yang cukup panjang dan bisa sangat terang bila sudah mendekati matahari.

Komet ini diketahui melintasi bumi pada 11 Juli 2007, penemunya adalah astronom dari Lulin Observatory yang berada di Nantou, Taiwan. Penemu itu bernama Lin Chi-Sheng dan Ye Quanzhi.

Ditemukan oleh astronom bernama Lubos Kohoutek di Ceko pada tanggal 7 Maret 1973. Menurut para astronom, komet ini memiliki orbit yang sangat panjang dan hanya melintasi bumi setiap ratusan ribu tahun sekali.

Komet Periodik

Berbeda dengan komet non-periodik, komet yang satu ini bisa dilihat beberapa kali melintasi bumi. Berikut ini adalah beberapa nama komet periodik yang bisa dilihat beberapa tahun sekali.

Nama komet yang satu ini mungkin adalah nama yang paling populer di antara semua nama komet, karena komet ini adalah satu-satunya komet berperiodik pendek yang bisa dilihat dengan mata telanjang dari bumi.

Komet ini melintasi bumi sekitar 76 tahun sekali, memiliki ekor panjang yang sangat indah dan pernah melintasi bumi di tahun 1986.

Ditemukan oleh Malcolm Hartley pada tahun 1986 dan diperkirakan akan melintasi bumi setiap sekitar 6 tahun sekali. Komet ini terakhir melintasi bumi sekitar bulan Oktober-November pada tahun 2010.

Nama komet ini berasal dari nama penemunyam yaitu August Kopff, ditemukan pada 23 Agustus 1906. Komet ini diperkirakan melintasi bumi setiap sekitar 6 tahun sekali. Terakhir dilihat pada 25 Mei 2009 dan diperkirakan muncul lagi pada tahun 2015.

Nama komet yang satu ini adalah salah satu komet dengan orbit yang paling pendek. Komet ini akan melintasi bumi setiap tiga tahun sekali dan harus dilihat dari teropong bintang atau teleskop. Komet ini pertama kali ditemukan pada tahun 1786 oleh Pierre Mechain.


View the original article here

 
© 2009 Anne Ahira Artikel | Powered by Blogger | Built on the Blogger Template Valid X/HTML (Just Home Page) | Design: Choen | PageNav: Abu Farhan