Meteor Dan Fenomena Hujan Meteor

Sebenarnya, meteor itu penampakan jalan jatuhnya sebuah benda langit yang bernama meteorid ke wilayah atmosfer planet kita. Masyarakat awam biasa menyebutnya sebagai bintang jatuh karena bentuknya seperti cahaya terang yang bergerak cepat ke arah bumi.

Terkadang, meteor yang menembus lapisan atmosfer tidak sampai ke permukaan bumi karena habis terbakar akibat bergesekan dengan atmosfer. Namun terkadang juga meteor tidak habis terbakar dan jatuh sebagai sebuah batu meteorit.


Hujan Meteor

Pada saat pergantian tahun 2010 ke 2011 yang lalu, terjadi sebuah peristiwa alam yang memukau, yaitu fenomena hujan meteor. Hujan meteor adalah kejadian jatuhnya meteor melintasi atmosfer Bumi dalam jumlah banyak, sehingga menyerupai hujan. Hal ini terjadi karena planet Bumi melintas dekat dengan orbit sebuah komet. Bagian-bagian komet yang berupa serpihan kecil terbakar saat masuk ke atmosfer, hingga nampak seperti hujan sinar yang sangat indah.

Planet Bumi cukup sering mengalami hujan meteor karena melintasi beberapa komet yang orbitnya memang dekat dengan wilayah edar Bumi. Diantaranya adalah, meteor Lyrids, meteor Quadrantid dan disusul dengan hujan meteor Delta Cancrids.

Beberapa memang tidak melintas di atas langit Indonesia, hingga beritanya tidak didengar oleh masyarakat tanah air, kecuali hujan meteor Lyrids yang terjadi saat tahun baru. Ia melintasi wilayah utara Indonesia sehingga dapat dilihat oleh masyarakat lewat mata telanjang, atau dengan bantuan teleskop.


Kiamat Akibat Meteor?

Beberapa waktu lalu juga terjadi sebuah peristiwa yang menghebohkan masyarakat Indonesia dengan hancurnya 4 rumah yang terdapat di wilayah Jakarta. Peneliti LAPAN mengatakan ada indikasi bahwa penyebab hancurnya 4 rumah itu adalah akibat jatuhnya batu meteor.

Besarnya batu meteor yang menimpa 4 rumah di Jakarta dan menimbulkan ledakan tersebut dikabarkan hanya sebesar telur ayam. Namun kekuatan dan daya hancurnya sangat dahsyat. Itu terjadi karena gaya yang dihasilkan akibat kecepatan batu tersebut saat masuk ke dalam atmosfer sangat besar.

Bahkan, di jaman dahulu, dinosaurus dan beberapa makhluk purba lainnya sampai mengalami kepunahan karena dahsyatnya efek jatuh batu meteor yang ukurannya cukup besar, sehingga mengakibatkan gelombang pasang raksasa. Sungguh dahsyat kekuatan alam yang dapat menghancurkan kehidupan di planet ini.


View the original article here

 
© 2009 Anne Ahira Artikel | Powered by Blogger | Built on the Blogger Template Valid X/HTML (Just Home Page) | Design: Choen | PageNav: Abu Farhan