Manfaat Batu Meteor

Batu meteor adalah salah satu jenis batu yang berasal dari kawasan luar bumi. Batu ini merupakan pecahan dari benda luar angkasa yang bernama meteorid. Meteorid ini memiliki ukuran yang cukup besar pada awalnya. Namun ketika masuk ke dalam lintasan bumi dan melewati atmosfir, menimbulkan gesekan yang sangat tinggi tekanannya.

Dari gesekan tersebut, menimbulkan peningkatan suhu yang sangat tinggi pada meteorid tersebut. Akibatnya meteorid menjadi terbakar dan terpecah menjadi banyak bagian dengan beragam ukuran.

Pecahan tersebut, sebagian hancur terbakar, sementara sebagian yang belum terbakar akan meluncur jatuh ke lintasan bumi dan jatuh ke tanah. Bagian yang masuk ke bumi tersebutlah yang kemudian dikenal sebagai batu meteor.

Ketika batu meteor tersebut melintas di langit, sebagian bisa terlihat dengan mata telanjang. Hal itu sangat jelas terlihat terutama pada malam hari. Di Indonesia, masyarakat banyak yang menyebut batu meteor yang melintas sebagai bintang jatuh. Ini terjadi karena dari jarak jauh, batu meteor tersebut sering dianggap sebagai bintang yang ada di langit.

Masyarakat Indonesia yang masih mempercayai hal mistis pun, terkadang mengkaitkan hal tersebut pada hal yang berbau irrasional. Salah satunya dengan menganggap bahwa memanjatkan permohonan saat melihat bintang jatuh, maka permohonan tersebut pasti akan terkabulkan.

Atau juga, di masyarakat Jawa ada istilah yang bernama “pulung”. Pada momen-momen tertentu, “pulung” ini dijadikan sebuah pertanda bagi masyarakat untuk menentukan pilihan. Seperti pada pemilihan kepala desa, maka ke mana arah “pulung” itu melaju, maka orang yang rumahnya searah dengan arah “pulung” itu yang dipercaya akan terpilih menjadi kepala desa.


Manfaat Batu Meteor

Selain digunakan untuk hal-hal yang bersifat mistis dan irrasional, batu meteor ini juga banyak digunakan untuk berbagai macam kepentingan. Baik itu digunakan untuk hal yang bersifat positif maupun untuk hal yang kurang bisa diterima oleh akal sehat.

Beberapa hal yang banyak dilakukan manusia terhadap keberadaan batu meteor di bumi antara lain :

Sebagai sumber penelitian untuk mendapatkan informasi tentang teknologi, khususnya yang terkait dengan dunia luar serta perkembangan astronomi. Dimanfaatkan sebagai jimat atau pusaka karena batu meteor dipercaya memiliki kekuatan magis yang bisa digunakan untuk membantu seseorang. Benda koleksi. Hal ini biasanya dilakukan oleh mereka yang menggemari benda-benda antik, khususnya yang berasal dari alam. Barang dagangan. Banyak orang memburu batu meteor ini sebagai obyek untuk diperjualbelikan. Hal ini karena batu meteor termasuk barang yang memiliki nilai jual tinggi di pasaran, disebabkan jumlah persediaan yang terbatas sementara banyak orang yang menginginkannya untuk berbagai tujuan.

View the original article here

 
© 2009 Anne Ahira Artikel | Powered by Blogger | Built on the Blogger Template Valid X/HTML (Just Home Page) | Design: Choen | PageNav: Abu Farhan