Memahami Sifat Fisik Atmosfer

logo anne ahiraAsian Brain Support$("#boxes").load("#dialog");Permisi, numpang lewat sebentar...! :-)Saya ingin mengucapkan TERIMA KASIH Anda telah mengunjungi situs saya!Jika Anda saya undang menjadi bagian dari "Asian Brain Community" mau enggak? Mau dong! :-)Karena Anda akan mendapatkan segudang manfaat! Salah satunya, Anda akan mendapatkan tips menarik setiap minggu - Gratis! Mulai dari tips bisnis, motivasi, cerita lucu, dan masih banyak lagi!Silakan masukkan data Anda di bawah! Saya yakin Anda akan senang menjadi bagian dari Asian Brain Community. Sampai ketemu di Forum! Buruk sekali Kurang Biasa Bagus Bagus sekali

Atmosfer merupakan lapisan udara yang menyelimuti bumi kita. Untuk lebih mendalami fungsi dan manfaat atmosfer bagi umat manusia, tak ada salahnya kita mengetahui beberapa sifat fisik atmosfer yang sebenarnya telah dapat diindera.

Sifat Fisik yang Pertama

Karena atmosfer merupakan lapisan udara, dan udara mempunyai massa atau berat yang dipengaruhi oleh gravitasi bumi, maka atmosfer juga mempunyai massa. Hal ini membuat atmosfer mempunyai tekanan.

Pada udara bebas, tekanan atmosfer biasanya dituliskan dengan 1 atm. Namun, tekanan atmosfer akan semakin besar, bila seorang manusia berada di dalam air. Semakin dalam sebuah perairan, maka tekanan di sekitarnya akan semakin kuat. Menurut penelitian, tekanan pada daerah abisal (daerah laut yang tidak mampu ditembus oleh sinar matahari), mempunyai kemampuan untuk menghancurkan tabung oksigen yang terbuat dari baja.

Atmosfer mempunyai susunan lapisan udara dari yang terbawah hingga paling tinggi yaitu troposfer, stratosfer, mesosfer, termosfer dan eksosfer. Setiap lapisan udara mempunyai sifat khas masing-masing. Troposfer misalnya, merupakan lapisan udara yang mengandung awan, sehingga lapisan ini merupakan tempat berawalnya hujan. Sedangkan stratosfer mengandung lapisan ozon yang mampu melindungi bumi dari radiasi sinar ultraviolet.

Sifat Fisik Kedua    

Sifat fisik atmosfer yang kedua adalah transparan ketika ditembus oleh beberapa bentuk radiasi, baik berupa sinar maupun penyebaran (difusi) zat. Kita tidak akan bisa melihat radiasi yang tersebar ultraviolet di permukaan atmosfer akibat lubangnya lapisan ozon, karena atmosfer transparan terhadap radiasi tersebut.

Atmosfer terlihat transparan, karena tersusun oleh tiga jenis penyusun yaitu, udara kering yang mempunyai komposisi sekitar 96% dari volume atmosfer. Ada dua macam udara kering di atmosfer, yaitu gas utama dan gas penyerta. Penyusun kedua dari atmosfer adalah uap air. Dan penyusun ketiga adalah aerosol.

Aerosol merupakan partikel halus dari bahan padat di bumi yang bermassa ringan. Aerosol dapat tertiup sehingga naik ke lapisan atmosfer yang lebih tinggi. Contoh dua jenis aerosol adalah debu dan asap.

Sifat Fisik Ketiga

Sifat fisik ketiga dari atmosfer adalah tidak mempunyai warna, bau maupun rasa. Perkecualian bagi udara adalah pada saat kondisi dingin. Udara yang dingin dapat dirasakan oleh indera manusia. 

Untuk sifat fisik atmosfer selanjutnya adalah berwujud dinamis. Atmosfer dapat mengembang ketika temperatur sekitar meningkat, dan sebaliknya bila temperatur sekitar turun. Sifat dinamis atmosfer didukung dengan kandungan berbagai zat yang ada di dalamnya seperti nitrogen, oksigen, karbondioksida, krypton, helium, ozon dan uap air.

Sifat amosfer yang dinamis, membuat lapisan udara ini selalu berpindah dari tempat yang bertekanan tinggi ke tempat yang bertekanan rendah.
 
Fungsi Atmosfer Berdasarkan Sifat Fisiknya

Dari sifat fisik yang telah tersebut di atas, berikut adalah beberapa fungsi atmosfer:

Atmosfer mampu melindungi permukaan bumi radiasi sinar matahari maupun dari jatuhnya benda-benda langit seperti meteor.Atmosfer mampu mengatur keseimbangan suhu atau temperatur bumi, sehingga tidak terlalu panas maupun terlalu dingin.Atmosfer mengandung berbagai zat udara yang dibutuhkan untuk pernapasan maupun metabolisme tubuh makhluk hidup. Atmosfer mampu memantulkan gelombang radio, televisi maupun alat komunikasi, sehingga antara manusia satu dengan yang lain dapat berhubungan meski jarak di permukaan bumi saling berjauhan. Beri rating untuk artikel di atas Buruk sekali Kurang Biasa Bagus Bagus sekali


View the original article here

 
© 2009 Anne Ahira Artikel | Powered by Blogger | Built on the Blogger Template Valid X/HTML (Just Home Page) | Design: Choen | PageNav: Abu Farhan