Tanda-Tanda Hari Kiamat dan Peniupan Sangkakala

 

Umat muslim percaya bahwa kehancuran dunia terjadi ketika orang-orang beriman tidak ada lagi di muka bumi dan hanya menyisakan orang-orang jahat seperti zaman jahiliyah. Kiamat terjadi pada hari Jumat dan tidak akan terjadi sampai tidak ada lagi manusia yang menyebut nama Allah.


Menurut syariat Islam, tidak ada seorang pun, baik malaikat, nabi, dan rasul yang mengetahui datangnya hari kiamat. Hanya Allah yang mengetahuinya. Akan tetapi, Allah memberitahukan kepada Rasul-Nya tentang tanda-tanda hari kiamat. Para ulama membagi tanda-tanda hari kiamat menjadi dua, yaitu tanda-tanda kecil dan tanda-tanda besar.


Rasulullah pernah bersabda bahwa hari kiamat itu memiliki tanda, seperti ghibah semakin menjadi-jadi, banyaknya anak-anak hasil perzinahan, orang kaya diagung-agungkan, orang-orang fasik bersuara lantang di masjid, dan para ahli mungkar lebih banyak daripada ahli haq.


Beberapa hadis juga menjelaskan tentang datangnya hari kiamat. Ada hadis yang menjelaskan bahwa hari kiamat tidak akan terjadi sebelum bangsa Arab dipimpin oleh seseorang dari keluarga Muhammad dan mempunyai nama sama.


Tanda kiamat kecil merupakan tanda yang datang sebelum kiamat dengan waktu cukup lama dan kejadiannya biasa saja, misalnya dicabutnya ilmu, kebodohan yang semakin dominan, minum khamr, dan lain-lain. Tanda-tanda hari kiamat sudah disampaikan Rasulullah sekitar 1400 tahun lalu.


Berikut adalah tanda-tanda hari kiamat berdasarkan hadis shahih.

Diutus dan wafatnya Rasulullah.Bulan terbelah pada masa penyebaran Islam.Api dari tanah Hijaz yang menerangi punuk-punuk unta.Terhapusnya jizyah dan pajak.Munculnya Khawarij.Penggembala menjadi kaya.Dicabutnya nikmat waktu, maka waktu berputar serasa lebih cepat.Banyaknya kaum wanita.Baitul Maqdis dikuasai umat Islam.Perang antara Yahudi dan Islam.Padang gurun nan gersang di Arab menjadi hijau.Sungai Efrat berubah menjadi emas.Kehancuran nilai moralPerzinahan dilakukan secara terbuka dan bebas.Bermacam-macam kejahatan seks.Pornografi meluas.Homoseks dan lesbian merajalela dan dianggap hal yang biasa.Pria mempunyai perilaku seperti wanita dan wanita berperilaku seperti pria.Pengingkaran terhadap agama. Agama sebagai simbol atau tameng untuk kepentingan pribadi.Umat Islam banyak yang ke masjid dan memperindahnya tetapi sebenarnya hatinya kosong.Umat Islam banyak yang membaca Al quran tetapi mereka tidak mengamalkannya dengan benar dan menentang hadis serta sunnah.Mempercayai ramalan rasi bintang.Mengingkari qadar (takdir atau ketetapan Allah).

Tanda kiamat besar merupakan perkara yang sangat besar dan muncul ketika kiamat sudah sangat dekat. Kemunculannya tidak biasa terjadi, seperti muncul Dajjal, Nabi Isa, Ya’juj dan Ma’juj, matahari terbit dari barat, dan lain-lain.


Tanda-tanda besar kiamat yang sudah diucapkan oleh Muhammad adalah sebagai berikut.

Muncul dukhan (asap) yang menutupi bumi selama 40 hari.Muncul Dajjal. Munculnya Dabbatul Ard yaitu monster melata dari perut bumi.Matahari terbit dari sebelah barat.Turunnya Nabi Isa. Keluarnya Ya’juj dan Ma’juj.Tiga gerhana terjadi di timur, barat, dan Jazirah Arab. Keluarnya api dari kota Yaman menghalau manusia ke tempat pengiringan mereka, yaitu Mahsyar.

Atas perintah Allah, sangkakala akan ditiup oleh Israfil sebanyak tiga kali pada hari kiamat.


Tiupan dahsyat pertama ini akan menggemparkan seluruh makhluk hidup. Gunung-gunung beterbangan seperti awan lalu hancur, dan planet-planet saling bertabrakan. Akhirnya, semua ciptaan Allah di alam semesta hancur lebur.


Pada tiupan ini, Allah mematikan Jibril, Mikail, Israfil, dan Hamalatul ‘Arsy. Izrail sang Malaikat Maut adalah malaikat terakhir yang dimatikan oleh Allah. Sejak saat itu, tidak ada lagi yang hidup kecuali Allah.


Semua manusia dari zaman Adam sampai manusia yang hidup terakhir kali saat alam semesta dihancurkan, menunggu giliran diadili di Padang Mahsyar. Tidak ada perlindungan dan naungan selain Allah di hari itu.

Beri rating untuk artikel di atas Buruk sekali Kurang Biasa Bagus Bagus sekali



View the original article here

 
© 2009 Anne Ahira Artikel | Powered by Blogger | Built on the Blogger Template Valid X/HTML (Just Home Page) | Design: Choen | PageNav: Abu Farhan