Makalah Agama Islam, Ukhuwah Islamiyah

 

Makalah agama Islam banyak membahas berbagai kajian seputar permasalahan tentang Islam yang dikaitkan dengan pelaksanaan kehidupan bermasyarakat. Hal ini merupakan sebuah keuntungan bagi masyarakat yang hendak mencari informasi tentang sebuah permasalahan yang mereka hadapi, terutama jika dikaitkan dengan kehidupan beragama. Islam.


Dalam sebuah makalah agama Islam, permasalahan yang muncul di tengah masyarakat akan dibahas secara menyeluruh. Kajian yang dilakukan pun menggunakan sudut pandang agama yang berbasis pada Al Qur’an dan hadits Nabi. Dengan demikian, kita akan bisa mendapatkan penjelasan yang lengkap tentang sebuah masalah, yang disertai landasan hukum atas penyelesaian masalah tersebut.


Salah satu tema yang diangkat dalam makalah agama Islam adalah tentang ukhuwah Islamiyah. Pengertian dari Ukhuwah Islamiyah sendiri adalah persaudaraan di dalam Islam, yang meliputi hubungan antar sesama umat Islam. Dalam hal ini, setiap umat Islam adalah bersaudara sebagai keluarga besar Islam. Oleh karenanya, setiap umat Islam harus bisa saling menjaga umat Islam lainnya.


Setiap umat Islam diwajibkan untuk saling membantu satu sama lain dalam hal kebaikan. Mereka harus saling mengingatkan apabila ada sesama muslim yang hendak berbuat di luar koridor agama. Kedua hal ini merupakan sebuah kondisi yang sangat obyektif untuk dilakukan. Dimana dalam hal kebaikan maka umat Islam harus saling membantu, namun dalam hal keburukan wajib untuk mengingatkan.


Nilai Penting Ukhuwah Islamiyah


Ukhuwah Islamiyah adalah salah satu perintah dalam agama Islam. Sebab, dengan membina ukhuwah Islamiyah, maka akan didapat beberapa keutamaan yang terkait dengan masalah syiar agama Islam dan kesejahteraan umat itu sendiri.


Beberapa nilai penting ukhuwah islamiyah ini diantaranya adalah :

Meningkatkan persatuan umat Islam sehingga tidak mudah dipecah belah oleh kekuatan yang ingin menghancurkan Islam.Dengan Ukhuwah Islamiyah, menjadi salah satu media untuk menciptakan kebaikan pada sesama umat Islam serta menghindarkan dari hal-hal yang negatif.Menghindarkan terjadinya penyimpangan akidah, khususnya dari ajaran sesat yang ingin menciptakan kekacauan pada umat Islam.Meningkatkan kesejahteraan umat. Salah satunya dengan cara pengoptimalan potensi zakat untuk menciptakan sistem ekonomi yang maju dan sesuai kaidah Islam. Sebagai media dakwah untuk menyampaikan hal-hal yang benar tentang agama Islam. Sehingga pada nantinya tidak ada kesalahan dan perbedaan sudut pandang dalam agama Islam. Beri rating untuk artikel di atas Buruk sekali Kurang Biasa Bagus Bagus sekali



View the original article here

 
© 2009 Anne Ahira Artikel | Powered by Blogger | Built on the Blogger Template Valid X/HTML (Just Home Page) | Design: Choen | PageNav: Abu Farhan