Ringkasan Tentang Kisah Nabi Muhammad saw

 

Artikel ini berisi tentang kisah Nabi Muhammad saw yang diutus Allah swt untuk menyempurnakan akhlak manusia dan mengeluarkan mereka (manusia) dari zaman Jahiliyah atau zaman kegelapan atau zaman kebodohan. Disebut zaman Jahiliyah karena saat itu manusia hidup dalam kungkungan kebodohan dan masih menyembah berhala sebagai Tuhannya.


Kelahiran Muhammad saw


Muhammad terlahir dari pasangan suami istri Abdullah bin Abdul Muthalib dan Aminah binti Wahab. Beliau dilahirkan pada hari Senin tanggal 12 Rabiul Awal Tahun Gajah. Disebut Tahun Gajah karena saat itu bertepatan dengan serangan tentara Abrahah yang ingin menghancurkan Ka’bah dengan kendaraan gajah, sekitar 570 Masehi. Namun, tentara itu dihancurkan oleh Allah Swt. dengan cara mengirimkan ribuan, bahkan jutaan, burung Ababil.


Wanita yang Menyusui Muhammad Kecil


Wanita-wanita yang pernah menyusi Nabi Muhammad semasa kecil, di antaranya ibunya sendiri, yakni Aminah binti Wahab, Tsuwaibah Al Aslamiyah, Ummu Aiman, dan Khaulah binti Al Mundzir. Banyaknya wanita yang menyusui Muhammad kecil disebabkan sang ibu tidak memiliki cukup banyak ASI untuk memenuhi keperluan sang bayi.


Pembedahan Dada Muhammad


Ketika Muhammad menginjak usia 3 tahun dalam asuhan Halimah As Sa’diyah, Muhammad didatangi oleh dua orang lelaki berpakaian serba putih. Mereka membedah dada Muhammad, lalu mengeluarkan hatinya dan membersihkannya dari segala kejahatan dan perbuatan buruk. Kemudian, hatinya dipenuhi dengan beragam hikmah dan ilmu.


Kehidupan Nabi Muhammad saw Secara Singkat


Berikut adalah riwayat singkat kehidupan Nabi Muhammad mulai beliau lahir sampai mendapatkan gelar kenabian dan kerasulannya.

Muhammad lahir dalam keadaan yatim. Beliau tidak pernah merasakan kasih sayang seorang ayah karena ayahnya meninggal dunia ketika Muhammad masih dalam kandungan.Ketika masih kecil, Muhammad diasuh oleh seorang wanita saleha bernama Halimah as Sa’adah hingga usia 4 tahun.Usia 6 tahun, Muhammad menjadi seorang yatim piatu karena ditinggal mati oleh ibunya.Sepeninggal ibunya, Muhammad diasuh oleh kakeknya bernama Abdul Muthalib yang sangat mencintai dan menyayangi Muhammad.Usia 8 tahun, kakeknya meninggal dunia sehingga Muhammad diasuh oleh pamannya, yakni Abu Thalib.Pada usia 25 tahun, Muhammad menikahi seorang saudagar kaya -yang saat itu berusia 40 tahun- bernama Siti Khadijah.Pada Usia 40 tahun, Muhammad mendapatkan wahyu dari Allah sebagai tanda kenabian dan kerasulannya.

Karunia bagi Umat Manusia


Ketika Muhammad saw diutus oleh Allah Swt, manusia di alam ini sedang berada dalam zaman Jahiliyah. Mereka banyak melakukan pembunuhan, perampokan, permerkosaan, dan menyembah berhala. Sungguh kedatangan Muhammad merupakan karunia yang sangat besar bagi umat manusia. Beberapa ayat Al-Quran yang menceritakan tentang karunia dan anugerah terbesar bagi orang mukmin dengan diutusnya Muhammad, di antaranya sebagai berikut.


1. Surat Al- Imran Ayat 164


“Sesungguhnya Allah telah memberi karunia kepada orang-orang beriman ketika mengutus di antara mereka seorang rasul dari golongan mereka sendiri, yang membacakan kepada mereka ayat-ayat Allah, membersihkan jiwa merek, dan mengajarkan kepada meraka Al-Kitab serta Al-Hikmah. Dan sesungguhnya sebelum kedatangan nabi itu, mereka benar-benar dalam kesesatan yang nyata.”


2. Surat Al-Anbiya Ayat 107


“Dan tiadalah Kami mengutus kamu melainkan untuk menjadi rahmat bagi semesta alam.”


3. Surat At-Taubah Ayat 128


“Sesungguhnya telah datang kepadamu seorang rasul dari golongan kamu sendiri, berat terasa penderitaannya, sangat menginginkan keimanan dan keselamatan bagimu, amat belas kasihan lagi penyayang terhadap orang-orang yang beriman.


Itulah sedikit ringkasan kisah Nabi Muhammad saw yang tak lain dan tak bukan adalah nabi akhir zaman. Semoga bermanfaat!

Beri rating untuk artikel di atas Buruk sekali Kurang Biasa Bagus Bagus sekali



View the original article here

 
© 2009 Anne Ahira Artikel | Powered by Blogger | Built on the Blogger Template Valid X/HTML (Just Home Page) | Design: Choen | PageNav: Abu Farhan